Rabu, 25 Januari 2012

LIFE - Kue Tambang "Berkat" Tasikmalaya


JENG JENG JENG !!!
Buat yang belum tau foto diatas adalah 'Kue Tambang' , makanan ringan tradisional khas Indonesia tapi tepatnya dari daerah mana saya belum tau, tidak banyak data terverifikasi dari mbah google. Nama lain dari kue ini juga adalah kue plintir, karena cara membuatnya di pelintir dan juga nama kue ini diadaptasi dari bentuk kue yang menyerupai tali tambang.

Sewaktu pulang kampung kemarin ke Tasikmalaya, saya sempet main ke salah satu home industry yang khuhsus memproduksi kue tambang ini dan saya sempet memotret-motret keadaan dan bagaimana cara pembuatannya.. keep scrolling down guys.. makin seru  :D 


1. ADONAN, Alkisah berawal dari terigu ,telur, dan bahan-bahan kue lainnya yang diaduk-aduk sampai jadi seperti ini seonggok adonan kue tambang polos versi putih, dan akan ada sebagian yang menjadi warna cokelat untuk membuat dua varian rasa berbeda. 




2. DIGILING , Pake mesin coyyy ! Kalo pake tangan ma selesainya tahun depan, si adonan tadi yang berbentuk lingkaran dipotong menjadi beberapa bagian, lalu digiling sampe berbentuk seperti karpet, dua akang-akang inilah yang bertugas menggiling adonan. sampe menjadi seperti foto dibawah si akang-akang.




3. DIBENTUK, Setelah digiling dan menjadi pipih digabung dengan adonan yang berwarna coklat, lalu dibentuk pakai alat penggiling seperti kita lihat kalo menggiling bakmi, teksturnya yang menjorok keluar dan ke dalam memudahkan nanti untuk di sobek untuk melalui proses pemelintiran di foto selanjutnya. 



 ( kadang-kadang memelintir rambut satu sama lain kalo istirahat :D )


4. PEMELINTIRAN, nah ini proses yang paling menentukan , supaya si kue menjadi seperti berbentuk tambang. Memakai celemek sang teteh-teteh mulai mengerjakan tugasnya memelintir. Super canggih, didalam satu detik saja bisa si kue tambang langsung jadi, karena mereka udah banget terbiasa memelintir, kecepatannya syuppeerrr... saya rasa kalo ada robot pemelintir juga bakal kalah cepat sama si teteh-teteh.

5. PENGGORENGAN, yah pastinya digoreng dong caranya supaya si kue menjadi kering dan siap dinikmati, kang Imad salah satu expert penggoreng yag bisa melihat warnanya cukup ato nggak untuk diangkat, setelah diangkat kue diletakkan diatas meja pendingin sebelum melalui proses pembungkusan.

 - - - - - - - - - - - -

Selesai deh semua acara saya di Kue Tambang Berkat Tasikmalaya.
Saya mau berpindah ke tempat lain lagi deh.
Oh ya alamatnya : 
Jl. Margalaksana no.81 Tasikmalaya.




- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -



Photo n Text : Arman Yonathan 
BON ! PICTORIALS




                                   - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


2 komentar:

  1. Wah, seru banget, pulang ke Tasik, sambil jepret-jepret di pabrik kue! Thanks for sharing =)

    BalasHapus
  2. sama2 ellyna... saya juga seneng km udah baca.. sering2 mampir yooo !! foto makanan mu makin ajib dah.. ! :D

    BalasHapus